^ Manfaat Bawang Merah

https://i0.wp.com/www.catatankecil.com/wp-content/uploads/2012/05/Manfaat-dan-Khasiat-Bawang-Merah1.jpg

Kebanyakan orang tidak suka dengan bawang merah, karena baunya yang tajam dan menyebabkan bau mulut tak sedap. Namun jika kita mengetahuinya, ternyata bawang merah memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Kandungan kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C pada bawang merah memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh kita.

Manfaat/ Khasiat Bawang Merah:

  • Obat Diabetes Mellitus

Kandungan Tolbutamide pada bawang merah mampu menurunkan kadar gula dalam darah yang mampu dikurangi. Bawang merah dapat dikonsumsi baik mentah maupun sudah direbus.

  • Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Mengkonsumsi bawang merah mentah dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

  • Menghilangkan Mata Ikan pada Kaki

Caranya, potong bawang merah menjadi potongan-potongan kecil, lalu balurkan potongan-potongan tersebut langsung pada mata ikan, dan balut dengan perban. Lakukan hal ini pada sore hari dan biarkan sampai besok pagi. Lakukan hal ini sampai mata ikan benar-benar terlepas, lalu cucilah dengan air hangat dan sabun.

  • Menyembuhkan Susah Buang Air Kecil

Dengan mengkompres bawang merah yang telah dihaluskan pada bagian atas ginjal dan kantung kemih, dapat memperlancar buang air kecil.

  • Mencegah Penyakit TBC

Kandungan zat yang terdapat pada bawang merah mampu membunuh mikroba diphteria, amuba disentri dan mikroba TBC.

  • Menyembuhkan Radang Paru-Paru dan Mengencerkan Dahak

Kompres bawang merah yang telah dihaluskan pada bagian dada untuk mengencerkan dahak pada saat kita mengalami batuk rejan dan juga dapat menyembuhkan radang pada paru-paru.

  • Anti Radang dan Pembunuh Bakteri

Air bawang merah yang telah diperas dapat digunakan sebagai antibiotik yang mencegah radang dan pembunuh bakteri pada luka. Balurkan air bawang merah tersebut pada bagian luka yang telah dibersihkan.

  • Pengganti Amoniak

Bau bawang merah yang tajam dapat merangsang peredaran darah, fungsi pernafasan dan fungsi-fungsi saraf sehingga sangat baik untuk menyadarkan orang yang pingsan daripada menggunakan amoniak.

  • Obat Cacing

Untuk menghilangkan cacing pada anak-anak, bawang merah dapat dibuat dengan cara menyeduh bawang merah yang telah dipotong kecil-kecil, simpan satu malam dan minumkan pada siang harinya dengan dicampurkan madu. Lakukan hal ini setiap hari pada pagi hari, sampai seluruh cacing benar-benar keluar semuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s